Tuesday, April 29, 2008

GUNAKAN BAHASA YANG SANTUN KETIKA BERTELEPON

Selain menggunakan kalimat yang efektif, sebaiknya dalam bertelepon juga menggunakan kalimat yang santun dan tepat. Bertelepon menggunakan kalimat yang santun bukan berarti merendahkan diri kepada mitra bicara, melainkan justru sebaliknya. Mitra bicara kita akan lebih menghormati kita jika kita menggunakan bahasa yang santun. Sebaliknya, jika seseorang menggunakan bahasa yang tidak santun maka mitra bicara akan merendahkan kita. Orang yang berbicara tifak santun dianggap sebgai orang yang tidak perlu dihormati.
Dalam berkomunikasi melalui telepon, perlu memperhatikan kesantunan bertelepon. Antara lain.
Gunakan kode panggilan ‘hallo’, ‘Assalamualaikum’ pada awal pembicaraan atau dapat mengucapkan selamat pagi, dll.
Jika berbicara dengan mitra yang baru kita kenal, sebaiknya beritahu identitas kalian sebagai penelepon. Misalnya: saya Arif di klaten.
Jika penerima telepon tidak memperkenalkan diri, maka kalian belum mengetahui/mengenal suara yang menerima. Yantakan dengan baik identitas lawn bicara kalian, misalnya: apakah benar ini rumah Anto? Maaf, dengan siapa saya bicara? (apabila ternyata kalian salah sambung, segera akhiri pembicaraan kalian dengan meminta maaf).
Apabila lawan bicara kalian adalah orang yang kalian maksudkan, sampaikan kepentingan kalian dengan singkat dan jelas. Pergunakan bahasa yang baik terhadap lawan biara kalian. Akan tetapi, jika ternyat lawan bicara kalian bukan orang yang kalian maksudkan sampaikan kepentingan kalian dengan singkat dan jelas, dengan menittipkan pesan.
Akhiri pembicaraan dengan ucapan terima kasih dan salam.

Jika kalian sebagai penerima telepon, perhatiklan hal-hal berikut.
· Sambut/balaslah salam dari telepon.
· Sampaikan identitas kalian.
· Tanyakan apa maksud dari penelepon, jika kalian memang orang yang dituju oleh penelepon, layani pembicaraan dengan baik dan sopan.
Jika kalian bukan orang yang dituju oleh penelepon, tanyakan dengan bahasa yang baik apakah ada pesan, misalnya: apakah ada yang saya Bantu? Adakah pesan yang dapat saya sampaikan?
· Tutuplah pembicaraan dengan ucapan terima kasih dan salam.
Dengan membiasakan berbahasa yang baiak, akankah membantu terwujudnya komunikasi yang baik pula.

Berikut kalimat –kalimat yang tergolaong santun dalam pembicaraan melalui telepon.
Selamat sore, ini rumah dr. Susi, Anda ingin berbicara dengan siapa?
Selamat malam….oh, maaf, Anda salah sambung.
Selamat pagi, ada yang dapat saya Bantu?

No comments: